TIPS DAN RUTE MENUJU WISATA DELES INDAH KLATEN

Spot panorama di wisata Deles Indah, Klaten,
Spot panorama di wisata Deles Indah, Klaten, / (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, dengan ketinggan antara 800 – 1300m di atas permukaan laut. Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan.

Dari lokasi objek wisata Deles Indah dapat dilihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan Pabrik Gula Gondang Baru dan perusahaan Pabrik Gula Ceper Baru, demikian juga Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya. Lokasi Deles Indah sendiri terletak di bawah radius 10 km dari puncak Merapi ini sudah dihuni kembali.

Rute termudah menuju wisata Deles Indah Klaten
Wisata Deles Indah berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jarak tempuh menuju Deles Indah dari Kota Klaten adalah sekitar 25 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Meski tidak ada petugas jaga di loket, warga setempat pun mengatakan bahwa wisata Deles Indah bisa dan aman dikunjungi.

Menuju wisata Deles Indah dapat dimulai dari Kota Klaten. Dari sana, ambil jalan utama menuju Yogyakarta. Nantinya sesampainya di Pabrik Gula Gondang Winangun, belok kanan (utara). Ikuti jalan itu sampai mentok di pertigaan.

Belok kiri di pertigaan mentok itu. Selanjutnya, tinggal ikuti jalan tersebut. Wisata Deles Indah nantinya akan ada di ujung jalan. Namun untuk bisa sampai di wisata Deles Indah dengan mudah, tinggalkan jalan utama menjelang sampai.

Akan ada plang petunjuk arah sederhana menuju Kopi Petruk, Volcano Merapi View, Deles Petung, dan Lintas Merapi. Belok kanan di gang belok kanan yang ditunjukkan plang petunjuk jalan itu. Kondisi jalan cukup sempit, tetapi masih bisa dilalui mobil. Lurus terus maka perjalanan akan sampai kembali di jalan aspal. Belok kiri saat sampai di jalan aspal itu.

Selanjutnya, ikuti jalan aspal itu ke arah utara. Nanti setelah belokan ke arah kiri, maka spot panorama Wisata Deles Indah ada di pertigaan. Sementara itu apabila lurus terus mengikuti jalan utama, maka kondisi jalan sudah rusak parah. Kendaraan roa dua pun tidak bisa melalui jalan itu saking rusaknya.

Pengunjung pun harus bersiap untuk berkendara di antara truk-truk pasir Merapi. Selain itu, di beberapa titik kondisi jalan cukup berlubang.

Banyaknya objek wisata di Deles Indah membuat para pengunjung tertarik. Namun, yang menjadi persoalan di Tempat wisata ini adalah fasilitas sumber air yang puncak Merapi agak sulit, sehingga kawasan wisata ini agak sepi karena para pelaku bisnis enggan untuk membuka peluang usaha ditempat ini.

Kondisi Deles Indah pasca erupsi Merapi semakin tidak terawat dan menyebabkan potensi wisata itu kurang diminati oleh pengunjung. Untuk menikmati keindahan wisata alam Deles indah ini anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8.000 itu sudah termasuk ongkos parkir.

Adapun juga tips berkunjung ke Deles Indah Klaten:
1. Datang saat cuaca cerah
Pemandangan indah ke arah puncak Gunung Merapi tentunya hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah. Jika berkabut, maka tidak akan kelihatan apa-apa.

2. Cek status Gunung Merapi
Karena Merapi merupakan gunung api aktif, kamu mesti mengecek statusnya sebelum berangkat ke Deles Indah. Jika status Merapi sedang tinggi, maka bisa jadi wisata Deles Indah tutup. Kamu bisa cek informasinya di akun Instagram @delesindah.

3. Bawa lensa zoom
Puncak Merapi yang berpasir dan mengeluarkan asap memang terlihat begitu indah dari Deles Indah. Bahkan, pengunjung bisa menyaksikan kawah Merapi yang tampak dari celah rekahan puncak sisi selatannya.

Agar area puncak Merapi dan kawah aktif bisa diabadikan dengan lebih maksimal, kamu bisa membawa lensa zoom.

4. Jangan bawa makanan
Menikmati indahnya puncak Merapi sambil menyantap camilan lezat tentu sangatlah menyenangkan. Namun saat berkunjung ke Deles Indah, kamu sebaiknya tidak melakukannya. Itu karena terdapat monyet-monyet yang akan merampas makananmu di sana.

Kamu juga dilarang memberi makan monyet di sana karena bisa membuat perilaku mereka menjadi buas.

5. Patuhi protokol kesehatan
Semua pengunjung wisata Deles Indah wajib mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan sebelum masuk.

Terdapat tempat cuci tangan yang airnya masih mengalir dengan lancar di sana. Kamu bisa cuci tangan dulu sebelum menikmati pemandangan Gunung Merapi.